Saturday, May 10, 2014

SISTEM INFORASI MANAJEMEN



1a. Computer Based Information System (CBIS) atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut juga Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan. Istilah-istilah yang terkait dengan CBIS adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan basis komputer.
b. Sistem Fisik Perusahaan sebagai system yang terkendali
Sistem Konseptual, adalah Sebagian sistem terbuka dapat mengendalikan operasinya sendiri, sebagian lagi tidak. Pengendalian ini dapat dicapai dengan menggunakan suatu lingkaran yang disebut “Lingkaran Umpan Balik” yang menyediakan suatu jalur bagi sinyal-sinyal dari sistem ke mekanisme pengendalian begitu pula sebaliknya.
2a. Manajemen Sumber Daya adalah Setelah sumber daya disusun, manajer berusaha untuk memaksimalkan penggunanya. Ia meminimalkan waktu yang terbuang dan menjaganya agar berfungsi pada efisiensi puncak. Akhirnya manajer menganti sumber daya ini pada saat kritis sebelum sumber daya menjadi tidak efisien.
b. Manajer mengelola 5 jenis sumber daya :
  1. Manusia
  2. Material
  3. Mesin
  4. Uang 
  5. Informasi 
3a.  Perbedaan sistem terbuka dan tetutup :
-          Sistem Terbuka adalah suatu sistem yang di hubungkan dengan lingkungannya melalui arus sumber daya.
-          Sedangkan sistem tertutup adalah Suatu sistem yang tidak di hubungkan dengan lingkungannya.
b. TINGKAT MANAJEMEN DI SUATU PERUSAHAAN
Manajer Dijumpai pada Semua Jenjang, sesuai dengan tingkatan manajemen, yaitu:
  • Tingkat Perencanaan Strategis (Strategic planning level)
Merupakan manajer pucak organisasi. Mereka mempunyai pengaruh atas keputusan-keputusan yang diambil pada seluruh organisasi selama beberapa tahun mendatang. Istilah lain yang digunakan yakni eksekutif.
  • Tingkat Pengendalian Manajemen (Management control level)
Merupakan manajer tingkat menengah, yang memiliki tanggung jawab untuk merubah rencana menjadi tindakan dan memastikan agar tujuannya tercapai.
·         Tingkat Pengendalian Operasional (Operational control level)
Merupakan manajer tingkat bawah, yang bertangung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer ditingkat yang lebih tinggi.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEik2ziRrDVEFXVO7nmjcf0_XIoR7yDRlX88ITfuG72Ec4RL1ZsF5eKg8-Tl6VNj-p1LEvVq6LwcPB6HcsOGuQhFha8e8twff23HvlsMKUYZD111DgEn09j8mdAUZbwl8bkuK4n9AeUigjX2/s320/peng.sistem.info.JPG
-          Gambar Tingkatan Manajer
4a.  Tugas manajemen puncak adalah memastikan bahwa konsep etikanya menyebar diseluruh organisasi, melalui semua tingkatan dan menyentuh semua pegawai. Para eksekutif mencapai penerapan ini melalui suatu metode tiga lapis, yaitu dalam bentuk pernyataan tekad (komitmen), program-program etika, dan kode etik khusus pada setiap instansi. Komitmen adalah pernyataan ringkas mengenai nilai-nilai yang ditegakan oleh pimpinan instansi.
b. Menurut saya mencopy cd merupakan pelangaran etika atau dengan kata lain membajak cd. Di karenakan memperbanyak atau mencopy lalu di jual dengan harga murah sangat merugkan banyak pihak dari segi finansial.
c. Etika dan komputer adalah seperangkat nilai yang mengatur manusia dalam penggunaan komputer serta proses pengolahan data.
       Yang bertanggung jawab dalam etika komputer :
       Etika mempengaruhi bagaimana para spesialis informasi melaksanakan tugas mereka. Tanggung jawab CIO untuk mencapai etika pada system yg dibuat dan pada orang-orang yg membuatnya.
5a. Pengertian Hirarki adalah Berdasarkan tingkat kompleksitas nilai data, tingkatan data dapat disusun kedalam sebuah hirarki, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling komplek.
Hirarki data dalam database mulai dari yang terbesar ke yang terkecil yaitu :       
1.    Database
Suatu database  menggambarkan data yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya.
2.    File
      Suatu file menggambarkan suatu kesatuan data yang sejenis, dimana kumpulan dari file membentuk suatu database.
3.    Record
      Suatu record  menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu dimana kumpulan dari record  membentuk suatu file.
4.    Field
      Suatu  field  menggambarkan suatu attribute dari record, dimana kumpulan field  membentuk suatu record.
5.    Byte
            Attribute dari  field  berupa huruf yang membentuk nilai dari sebuah field.
6.    Bit
Merupakan bagian terkecil dari data secara keseluruhan yaitu berupa karakter ASCII (American Standar Code Form Information Intercharge). 0 (nol) adalah satu yang merupakan komponen pembentuk byte.
b. Keuntungan dan Kerugian DBMS :
Keuntungan DBMS :
·         Mengurangi penjualan data
·         Mencapai independensi data
·         Mengintegrasikan data dari beberapa file
·         Mengambil data dan informasi secara cepat
·         Meningkatkan keamanan
Kerugian DBMS :
·         Memperoleh perangkat lunak yang mahal
·         Memperoleh konfigurasi perangkat keras yang besar
·         Memperkerjakan dan mempertahankan staf DBA
6a. Perbedaan SIM, DSS dan Ekspert System :
-          SIM menyediakan informasi mengenai kinerja organisasi, menyediakan informasi dan laporan periodik dengan format tertentu, Informasi ini diperolah dari hasil ekstraksi dan manipulasi data.
-          Sedangkan DSS menyediakan informasi khusus untuk pendukung keputusan, menganalisi masalah dan melihat peluang. Laporan atau informasi bergantung permintaan formatnya pun disesuaikan sesuai kebutuhan. Informasi untuk DSS diperoleh dari pemodelan analitis.
-          Sedangkan Expert System mempunyai kemampuan untuk menjelaskan jalur penalaran yang diikuti pencapaian pemecahan tertentu, penjelasan mengenai bagaimana pemecahan dicapai akan lebih berguna dari pada pemecahan itu sendiri.
b. Pengertian pertukaran data secara elektronik adalah
Salah satu metode pertukaran bisnis yang mengacu pada bidang bisnis yang sangat komersial dengan menggunakan standar format yang telah ditentukan serta disepakati bersama oleh sebagian besar organisasi-organisasi yang ada.
c. Fenomena terbentuknya kantor maya :
Konsep kantor maya ini dimulai dari telecommuniting (bekerja di rumah dan tetap berhubungan dengan kantor melalui alat komunikasi elektronik) dan diperbaharui untuk mencapai standar fasilitas kantor yang di namakan hoteling.
7a. 3 tahapan dalam Business/IT Planning Process :
1.         Tahap pertama : Mendayagunakan computer
Komputer menawarkan berbagai keuntungan bagi sebuah bisnis yaitu banyak dana dan waktu yang dapat dihemat, dan meningkatkan produktivitas. Kita dapat menyusun laporan keuangan, membuat daftar persediaan bahkan membuat materi perusahaan.
2.         Tahap kedua : Mendayagunakan jaringan dan internet
Apa yang ditawarkan jaringan komputer dan internet bagi sebuah bisnis? Meningkatkan kemampuan koordinat dan komunikasi, baik itu internal maupun eksternal, yang pada akhirnya dapat diterapkan untuk meningkatkan produktivitas. Untuk kepentingan tersebut kita dapat memanfaatkan e-mail, IRC maupun mailing list.
3.         Tahap ketiga: Membangun dan mendayagunakan web
Web menawarkan informasi selama 24 jam. 7 hari dalam seminggu. Anda dapat berbagi informasi dengan pelanggan sekaligus menjaring pelanggan baru.

b. 4 Tahapan dalam mengidentifikasi Business :
1.     Perencanaan keuangan.
Perlunya pengendalian atas bisnis yang semakin meningkatdalam ukuran dan diversivikasi. Perencanaan Anggaran, digabungkan dengan penerapan analisis cash flow untuk proposal investasi, guna membuat kerangka kerja yang benar.
2. Perencanaan perusahaan.
Pada tingkat perusahaan, perencanaan terdorong olehramalan. Atas dasar ramalan permintaan jangka menengah, rencana perusahaan dirancang dengan sasaran strategi, proyeksi pen-jualan dan investasi, dan peluang-peluang yangdiidentifikasi untuk pengembangan pasar, produk dan perusahaan.
3. Analisis industri dan posisi persaingan.
Analisis penentu daya tarik industri yangberhubungan dengan strategi perusahaan dirancang untuk menempatkan kembaliportofolio bisnis perusahaan melalui diversifikasi, divestasi dan re-lokasi arus danperusahaan.
4.  Mengeksploitasi keunggulan strategi khusus perusahaan.
Strategi yang didasarkanpada analisis industri dan posisi pasar mendorong perusahaan menerapkan posisi yangsama. Pada akhirnya mendorong perusahaan mencari bersaing yang unik yang didasarkanatas peman-faatan daya dan kemampuan khusus perusahaan.

No comments:

Post a Comment