Monday, May 26, 2014

MASJID HENG HOO


Menepis jurang Etnis Thioghoa dan Islam

Sejarah singkat terbentuknya masjid cheng hoo di Indonesia :

            Masjid ini di resmikan Menteri Agama RI Prof. Dr. H. Said Husin AL Munawar MA, dan di MURI seperti di katakan Delfi Yusransyah Daz, humas PITI ( Persatuan Islam Thionghoa Indonesia ). Organisasi yang mengelola masjid ini. Rancangan awal masjid Muhammmad Cheg hoo di Indonesia ini di ilhami dan bangunan Masjid Niu Jie, di Bejing pada tahun 996 M. Arsitekturnya oleh Ir. Azis dari Bojonegoro dan di kembangkan oleh Tim Pengawas dan Pembangunan Masjid Muhammad Cheng Hoo di Indonesia dari PITI dan KHMCHI.
            Keseluruhan masjid berukuran 21 X 11 Meter, bagian bangunan utama berukuran 11 X 19 Meter. Ada 8 sisi bagian utama. Makna dari 3 ukuran tersebut adalah angka 11 ukuran kabah saat baru di bangun, angka 9 melambangkan Wali Songo dan angka 8 melambangkan ( keberuntungan atau kejayaan ) Bangunan pendukung berukuran 5.5 X 7 Meter dan tempatnya lebih rendah dari pada bangunan utama. Masjid Muhammad Cheng Hoo di Indonesia mempunyai daya tampung 200 – orang jamaah. Pada penyelenggaraan sholat Jumaat daya kapasitas jamaah mencapai 500 an orang.
            Fungsi dan kegiatan Masjid muhammad Cheng Hoo di Indonesia, termasuk pelaksaan terawih pada bulan ramadhan dan sholat Idul Fitri dan Idul Adha. Sejak di resmikan penggunaanya ( Soft Open Ing ) , Masjid Muhammad Cheng Hoo Indonesia ini telah di gunakan Ikkar pengucapan Dua Kalimat Syahadat ( Syarat Masuk Islam ). Ada 13 orang yang berikar di masjid ini untuk akad nikah berjumlah 4 pasangan.
            Maksud dan tujuan di dirikan masjid  Muhammad Cheng Hoo di Indonesia ini, Pertama, masjid ini di butuhkan untuk para anggota PITI Jawa Timur untuk tempat berkumpul dan memperdalam agam islam. Kedua, untuk syiar islam bagi masyarakat umum khususnya di lingkungan khusus Tionghoa. Ketiga, menyampaikan kepada masyarakat luas bahwa islam itu adlah satu agama leluhur di Thiongkok ( China ).    

No comments:

Post a Comment